Alternatif Energi dari Mahasiswa Teknik Elektro

Indonesia adalah Negara kepulauan dimana banyak daerah yang masih terpencil dan belum terjangkau listrik dari PLN. Padahal listrik atau penerangan sangat dibutuhkan oleh masyarakat sehingga tidak ketinggalan dalam memperoleh informasi yang bertujuan untuk memajukan daerah tersebut dan peningkatan produktifitas masyarakat.

Melihat fakta tersebut, Djulianto mahasiswa Teknik Elektro, berinisiatif menghasilkan energi listrik dengan cara mengubah motor induksi sebagai generator dalam rangka memenuhi proyek akhirnya. Motor induksi  diubah sebagai generator yang mana memiliki keunggulan dalam hal kesederhanaan dan murahnya biaya perawatan sehingga  jenis motor ini  banyak dipakai di lingkungan industri maupun rumah tangga.

Menurut mahasiswa angkatan 2007 ini, generator induksi bisa di kembangkan untuk  pembangkit listrik tenaga air atau Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) terutama untuk daerah terpencil yang belum terjangkau oleh aliran listrik dari PLN, padahal diarea tersebut terkandung potensi alam seperti  gunung dan air terjun namun pemafaatannya belum optimal. Sehingga harapannya, teknik ini mampu menjadi alternatif Pembangkit Listrik  Tenaga Diesel (PLTD) yang biaya operasionalnya lebih besar karena menggunakan bahan bakar minyak khususnya solar, disamping itu PLTMH juga ramah lingkungan, tambahnya.   
Hasil dari pengujian motor induksi sebagai generator menunjukkan bahwa sistem alat ini dapat bekerja sebagai generator karena sudah dapat menghasilkan tegangan. Kedepannya, Juli akan terus mengembangkan produknya ini terutama dalam pengarturan besaran tegangan dan frekuensi. (haryo)