Kompetensi Lulusan Mekatronika


PROFIL LULUSAN


Profil lulusan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika adalah:

  1. Menjadi pendidik pada lembaga pendidikan kejuruan dan pelatihan bidang keahlian sistem mekatronika yaitu sinergis antara sensor, actuator, controller, dan mechanic interface yang meliputi kemampuan merangkai, menguji, mengembangkan, memelihara dan merancang
  2. Menjadi perancang pelatihan (konsultan) bidang keahlian sistem mekatronika yaitu sinergis antara sensor, actuator, controller, dan mechanic interface yang meliputi kemampuan merangkai, menguji, mengembangkan, memelihara dan merancang
  3. Menjadi  teknisi industri  dalam bidang keahlian Sistem Mekatronika yaitu sinergis antara sensor, actuator, controller, dan mechanic interface yang meliputi kemampuan merangkai, menguji, mengembangkan, memelihara dan merancang

Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya Bangsa Indonesia, maka implementasi sistem pendidikan nasional yang dilakukan di Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika (S1) pada setiap level kualifikasi KKNI Level 6 mencakup proses yang menumbuhkembangkan sikap, pengetahuan, keterampilan khusus dan ketrampilan  umum.

Capaian pembelajaran Prodi Pendidikan Teknik Mekatronika sebagai berikut:

  1. Capaian Pembelajaran Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius, jujur dan sabar.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
  7. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  10. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

 

  1. Capaian Pembelajaran Pengetahuan
  1. Mampu menguasai konsep dan prinsip pedagogik pendidikan vokasi bidang teknik mekatronika secara umum yang meliputi basic mechanic, basic electronic, dan basic computer dan/atau konsep di bidang sistem mekatronika berbasis kendali PLC,  mikrokontroler, dan  komputer sesuai Standar Kompetensi Lulusan(SKL);
  2. Mampu menguasai konsep pengembangan profesi sebagai pendidik vokasi sesuai dengan etika profesi pendidik;
  3. Menguasai  konsep teoritis bidang teknik mekatronika meliputi basic mechanic, basic electronic, dan basic computer dan/atau konsep di bidang sistem mekatronika berbasis kendali PLC,  mikrokontroler, dan  komputer sesuai prosedur operasi baku

 

  1. Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus
  1. Mampu mengidentifikasi karakteristik  peserta didik pembelajaran bidang keahlian mekatronika;
  2. Mampu merancang pembelajaran bidang keahlian mekatronika;
  3. Mampu melaksanakan pembelajaran bidang keahlian mekatronika;
  4. Mampu mengevaluasi hasil belajar bidang keahlian mekatronika;
  5. Mampu menyusun materi pembelajaran teknik mekatronika secara luas dan mendalam yang memungkinkan membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi lulusan (SKL) dalam bidang keahlian  mekatronika;
  6. Mampu mengelola penyelenggaraan pendidikan vokasi;
  7. Mampu merangkai sistem mekatronika berbasis kendali PLC, mikrokontroler, dan  komputer;
  8. Mampu menguji sistem mekatronika berbasis kendali PLC,  mikrokontroler, dan  komputer;
  9. Mampu memelihara sistem mekatronika berbasis kendali PLC,  mikrokontroler, dan  komputer;
  10. Mampu mengembangkan sistem mekatronika berbasis kendali PLC,  mikrokontroler, dan  komputer;
  11. Mampu merancang sistem mekatronika berbasis kendali PLC,  mikrokontroler, dan  komputer;

 

  1. Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum
  1. Mampu mengembangkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian pendidikan, penciptaan desain pembelajaran dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang ilmu pendidikan teknologi dan vokasional;
  2. Mampu menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan memublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi tingkat nasional dan mendapatkan pengakuan internasional berbentuk presentasi ilmiah atau yang setara;
  3. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang ilmu pendidikan teknologi dan vokasional dalam menyelesaikan masalah di sekolah menengah kejuruan, lembaga pendidikan dan latihan kejuruan, pusat pelatihan di industri, akademi komunitas, atau politeknik melalui pengembangan pengetahuan dankeahliannya;
  4. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakatak ademik dan masyarakat luas;
  5. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter disiplin atau multidisiplin;
  6. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  7. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
  8. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
Undefined