Light to Enhance the Environment

Perkembangan teknologi di Bidang Home Entertainment menginspirasi Muhammad Fikri, mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Elektro membuat proyek akhir berupa perancangan  sistem pencahayaan dengan tone warna yang dapat mengikuti tampilan di layar kaca yang pada saat itu sedang ditampilkan. Dengan tujuan  agar dapat dirasakan oleh elemen masyarakat dalam kesehariannya,  maka sistem yang dirancang Fikri  ini diaplikasikan  pada hal yang sangat  dekat dengan kehidupan masyarakat modern  saat ini  yaitu  monitor LED dalam sistem Home Theater Personal Computer (HTPC).

Untuk penyelesaiannya sendiri,  proyek yang mendapat bimbingan dari Bapak Moh. Khairudin, M.T., Ph.D. ini memerlukan waktu sekitar empat bulan. Alat yang diperlukan meliputi  Arduino® Uno, LED RGB Pixel, catu daya SMPS,  dan  frame  LED.

 

Berdasarkan hasil uji coba, sistem ini dapat mengimbangi  perubahan fluktuasi warna yang ditampilkan monitor dengan performa sangat baik. Terbukti  dari pengujian illuminasi yang dihasilkan oleh LED lebih tinggi dibanding iluminasi monitor.  Tahap pengujian sistem ini sendiri meliputi nilai tegangan  input  dan  output  catu daya SMPS, konsumsi daya LED, warna tampilan LED, respon perubahan warna terhadap  motion picture,  kedinamisan cahaya,  dan nilai Lux cahaya yang dihasilkan. Secara keseluruhan kinerja sistem ini memuaskan dan tingkat responsivitas terhadap perubahan warna sangat tinggi.  Hal ini memungkinkan pengguna dapat bekerja di tempat gelap tanpa terganggu oleh bahaya kelelahan visual.