Pengembangan Sepeda Listrik dari Sepeda "Onthel" Konvensional

Sekali lagi Prodi D3 Teknik Elektro menunjukkan komitmennya pada pengembangan produk-produk tepat guna yang ramah lingkungan dan mendukung konservasi energy. Seorang mahasiswa Prodi D3 Teknik Elektro, M. Iqbal Magenda yang dibimbing oleh dosen pembimbing Bp. Ahmad Sujadi, M.Pd., berhasil membuat sepeda listrik dengan memodifikasi sepeda onthel tradisional. Tentunya dengan sepeda listrik ini bisa mengurangi polusi udara dan suara. Adapun inovasi sepeda listrik ini dibandingkan dengan sepeda listrik yang dijual dipasaran adalah, selain lebih murah juga komponen penggerak utamanya yang berupa motor DC brushless dipasang di bagian roda depan sepeda sehingga sama sekali tidak mengubah konstruksi system rantai, roda gigi belakang dan pedal. Ini artinya dari sisi perakitan lebih sederhana dan mudah, juga apabila kondisi battery melemah motor DC bisa dimatikan dan digantikan dengan tenaga kayuh manual atau tidak dimatikan dan tenaganya digabung dengan tenaga kayuh manual.

Komponen dan alat yang dibutuhkan untuk mengembangkan sepeda listrik ini antara lain: motor DC brushless yang berada di roda bagian depan, perangkat controller, battery, dan sensor pedal. Sensor pedal digunakan untuk meringankan posisi awal sebelum menggunakan handle pengatur percepatan. Komponen kontroller digunakan untuk mengatur dan mengendalikan komponen pendukung sepeda listrik, seperti battery level indicator, battery led acid, dan handle kecepatan. Battery yang digunakan, battery led acid dengan kapasitas 36 volt 16 ah, yang pada umumnya dapat digunakan dengan baik hingga 2 tahun.

Berdasarkan pengujian diperoleh unjuk kerja sepeda listrik ini adalah sebagai berikut, dapat berjalan sempurna menempuh jarak sekitar 10 km dengan kecepatan 15 - 35 km/jam, dan battery yang digunakan akan habis dalam waktu kurang lebih 1-2 jam tergantung dari pengaturan kecepatannya. Semakin kencang berjalan, battery akan cepat habis.

Semoga dengan hasil yang sederhana ini bisa lebih memotivasi dan menginspirasi pembaca untuk lebih meningkatkan penelitiannya dibidang konservasi energy dan pengembangan produk-produk ramah lingkungan.