GENERATOR INDUKSI IDE DJULIANTO MAHASISWA FT UNY

Djulianto mahasiswa Teknik Elektro, berinisiatif menghasilkan energi listrik dengan cara mengubah motor induksi sebagai generator dalam rangka memenuhi proyek akhirnya. Motor induksi  diubah sebagai generator yang memiliki keunggulan dalam hal kesederhanaan dan murahnya biaya perawatan sehingga  jenis motor ini  banyak dipakai di lingkungan industri maupun rumah tangga.  Ide ini menurutnya dipicu oleh fakta masih banyaknya  daerah  terpencil yang belum terjangkau listrik dari PLN. Padahal listrik atau penerangan sangat dibutuhkan oleh masyarakat agar  tidak ketinggalan dalam memperoleh informasi yang bertujuan untuk memajukan daerah tersebut dan peningkatan produktifitas masyarakat. 

Menurut mahasiswa angkatan 2007 ini, generator induksi bisa di kembangkan untuk  pembangkit listrik tenaga air atau Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) terutama untuk daerah terpencil yang belum terjangkau oleh aliran listrik dari PLN. Padahal di area-area tersebut terkandung potensi alam seperti  gunung dan air terjun namun pemafaatannya belum optimal. Sehingga harapannya, teknik ini mampu menjadi alternatif Pembangkit Listrik  Tenaga Diesel (PLTD) yang biaya operasionalnya lebih besar karena menggunakan bahan bakar minyak khususnya solar. Selain itu,  PLTMH  juga ramah lingkungan, tambahnya.

Hasil dari pengujian motor induksi 1 fasa sebagai generator menunjukkan bahwa sistem alat dapat bekerja sebagai generator karena sudah dapat menghasilkan tegangan. Kedepannya, Juli akan terus mengembangkan produknya ini terutama dalam pengarturan besaran tegangan dan frekuensi ( haryo/ ls)