Kuliah Umum LabVIEW dan Demo Academic Hardware National Instrument

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) UNY berkesempatan mendapatkan kunjungan dari National Instrument (NI). National Instrument merupakan industri yang memproduksi software pemrograman grafis dan hardware modular yang digunakan untuk membantu perusahaan-perusahaan lain agar menyederhanakan proses pengembangan produk, meningkatkan produktivitas, dan mempersingkat waktu. Kunjungan NI kali ini adalah dalam rangka Academic Roadshow.

Kuliah umum yang diadakan pada Kamis, 25 Februari 2016 bertempat di Ruang Diskusi Jurusan Pendidikan Teknik Elektro ini cukup menarik minat peserta dari kalangan mahasiswa angkatan 2012 hingga 2014. Terbukti di tengah-tengah jadwal kuliah acara ini mampu menarik sebanyak 72 peserta mahasiswa dengan didampingi 2 dosen, Ariadie Chandra Nugraha dan Sigit Yatmono.

Field Engineer yang mengisi materi dalam kuliah umum ini,  Yusrof Adityo Mahardhiko menjelaskan bahwa software  LabVIEW dikembangkan oleh National Instrument sebagai media grafis yang dapat digunakan untuk pengendalian dan pengawasan pada suatu proses produksi. Software ini merupakan salah satu development application yang digunakan untuk pemrosesan dan visualisasi data dalam bidang akuisisi data, kendali instrument, dan otomasi industri.

Selain LabVIEW, dalam kuliah umum ini pihak NI juga melakukan demo myRIO. MyRIO merupakan modul yang dapat digunakan oleh peserta didik baik tingkat menengah maupun tingkat tinggi untuk mempelajari miniature industri. Software ini memuat beberapa aplikasi yang dapat diprogram dan digunakan untuk pengendalian seperti yang ada di industri dengan daya yang kecil.

Demo hardware yang dipraktikkan oleh pemateri dalam kuliah umum ini yaitu LabVIEW yang digunakan untuk pengaturan pompa air dan kendali kecepatan motor dengan pengaruh tekanan suatu benda, sedangkan demo myRIO digunakan pada robot yang ditayangkan melalui video oleh pemateri. Demo LabVIEW juga dilengkapi dengan bantuan modul tambahan yaitu CompactRIO yang dikembangkan untuk kebutuhan industri. Kendali kecepatan motor dapat dilakukan dengan modul tersebut sehingga mempermudah pengguna untuk mengatur dan mengawasi proses yang dijalankan.

Kedua produk yang dikembangkan oleh National Instrument ini merupakan sarana belajar yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk memperdalam pengetahuanya mengenai sistem yang ada di dalam sebuah industri. Kuliah umum yang dilakukan oleh National Instrument ini menurut Ariedie Chandra Nugraha, M. T selaku sekretaris JPTE merupakan sarana yang sangat bagus bagi mahasiswa untuk memperluas keilmuannya. Mahasiswa dapat berdiskusi secara langsung dengan pelaku industri dalam hal ini adalah vendor dari National Instrument, sehingga dapat mengikuti perkembangan teknologi keelektroan terbaru yang digunakan di industri. (Tina)